Home » » Telinga

Telinga

Telinga
Apa yang kamu alami jika tidak mempunyai indra ini? dapatkah kamu memperoleh informasi lengkap dari sekitarmu? tentu tidak. Orang yang tidak memiliki indra pendengar juga dapat mengalami hal-hal yang berbahaya. Kamu barangkali dapat melihat mobil dari depan. Tetapi bagaimana kalau mobil datang dari arah samping atau belakang, padahal kamu tidak mendengarnya. Untuk mengetahui bagaimana rasanya orang yang tidak mempunyai pendengaran, coba tutup telingamu rapat-rapat dengan kapas atau lainnya selama setengah jam. Atau kamu pasang earphone walkman rapat-rapat. Apakah informasi dari sekitarmu dapat tertangkap sepenuhnya.

Sebagai indra pendengar, telinga memiliki bagian-bagian yang berfungsi menangkap dan menjalarkan rangsang bunyi hingga dimana oleh reseptor pendengar. Semua bagian dari alat pendengaranmu berada didalam rangka kepala (tengkorak) kecuali daun telinga. karena fungsinya daun telinga ditunjang oleh tulang rawan dan berlekuk-lekuk serta menghadap ke depan.

Telinga dan bagiannya


Secara umum telinga terdiri dari tiga bagian yaitu: telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

1. Telinga Luar
    Telinga bagian luar berfungsi untuk menangkap getaran bunyi (suara) dari luar. Bagian ini terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan liang pendengaran. Daun teinga yang ditunjang oleh tulang rawan, berfungsi menangkap dan mengumpulkan getaran bunyi dari berbagai sumber. Lubang telinga berfungsi untuk menyalurkan getaran bunyi, menyaring kotoran dan air, dan menghasilkan minyak telinga (serumen). Fungsi penyaringan kotoran dilakukan oleh bulu-bulu halus di lubang telinga. Sedangkan saluran telinga luar berfungsi untuk menyalurkan getaran bunyi dan menghubungkan dengan telinga luar dan telinga tengah.

2. Telinga tengah
    Bagian ini berupa rongga yang didalamnya terdapat gendang telinga dan tulang pendengar, rongga ini juga berhubungan dengan tenggorokan. Getaran bunyi yang diterima oleh bagian telinga luar lalu disalurkan ke gendang telinga dan kemudian mengenai osikel. Osikel terdiri dari tiga tulang, yaitu martil, landasan, dan sanggurdi. Osikel ini menghubungkan selaput gendang dengan telinga bagian dalam, Osikel meneruskan getaran bunyi dari gendang telinga ke telinga dalam.

3. Telinga Dalam
    Telinga dalam berawal dari tingkap oval dan labirin. Tingkap berarti lubang yang berselaput terbentuk dari serangkaian sekat berisi cairan. Sedangkan labirin adalah saluran yang menyerupai terowongan yang bagian utamanya berupa saluran gelung. Saluran ini berhubungan dengan alat keseimbangan dan koklea yang berhubungan dengan pendengaran.

Bagian telinga dalam terdiri dari koklea, utrikulus dan tiga saluran setengah lingkaran. Koklea berbentuk seperti rumah siput, adalah kantong membran yang berisi cairan. Bagian dalam koklea terdiri dari dua lapisan membran yang berisi sel-sel ujung saraf pendengaran.

0 komentar:

Posting Komentar