Home » » LIDAH

LIDAH

Lidah
Bagaimana keadaanmu, jika sedang mengalami gangguan pada indra pengecapmu, yaitu lidah. Kamu jelas tidak dapat merasakan nikmatnya makanan yang kamu maka, dapatkah kamu bayangkan rasanya perasaan orang yang tidak dapat merasakan rasa manis, asin dan pahit. Padahal lezatnya suatu makanan bukan pada nilai gizinya, tetapi pada citarasanya.

Cobalah raba lidahmu dengan seksama, ternyata lidah kita memiliki permukaan yang kasar, mengapa demikian? karena pada permukaan lidah terdapat bintik-bintik yang disebut papila. Didalam papila terdapat reseptor atau saraf pengecap. Rasa yang bisa ditangkap oleh lidah ada empat macam, yaitu manis, asin, asam, dan pahit. Rasa yang lain adalah gabungan dari keempat rasa tersebut. Papila dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu papila filiformis yang berbentuk mirng benang. Kemudian papila fungiformis yang berbentuk mirip jamur, dan papila sirkumvalata yang berbentuk seperti huruf V.

Bagian Lidah


Prinsip kerja indra pengecapmu adalah sebagai berikut. Makanan ketika kamu kunyah di dalam mulut merupakan rangsangan kimia dari zat-zat yag terlarut dalam air liur. Bersama air liur, zat-zat yang terlarut merasuk ke pori-pori lidah. Larutan itu akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Selanjutnya rangsangan ini dibawa oleh saraf pengecap kepusat saraf pengecap di otak. Otak lalu menerjemahkan dan menyadari rasa makanan yang kamu makan. Saraf pengecap kita hanya merasakan empat macam rasa yaitu, asin, manis, asam dan pahit.

Fungsi lidah dapat berjalan dengan baik apabila bekerjasama dengan organ lain dalam rongga mulut, seperti gigi dan kelenjar lidah. Bersama gigi, lidah dapat mengatur letak makanan. Dengan kelenjar lidah, lidah dapat membasahi makanan dan mencampurnya dengan air ludah. Lidah juga berfungsi sebagai alat bicara. Prosesnya bersamaan dengan bibir dan gigi. Pernahkah kamu mendengar bagaimana orang sumbing, sakit gigi atau pilek berbicara?

0 komentar:

Posting Komentar