Home » » Hidung

Hidung

Hidung
Selain sebagai organ pernafasan, hidung juga berfungsi sebagai indra pencium, didalam rongga hidung bagian atas terdapat sel-sel pencium. Sel-sel ini dilengkapi dengan rambut-rambut halus dan dilapisi selaput lendir sebagai pelembab. Sel-sel pencium sangat peka terhadap zat-zat atau bahan-bahan kimia diudara yang berbentuk gas. Sel-sel ini berhubungan dengan pusat saraf penciuman di otak. Jumlah sel pencium pada manusia antara 10 - 20 juta. Setiap zat kimia hanya merangsang satu jenis pencium sehingga otak dapat membedakan berbagai macam bau.

Lubang hidung dan saluran napas dilapisi membran mukus. Membran ini diselubungi rambut-rambut halus yang disebut silia. Mukus dan silia menyaring debu, kuman dan cairan yang kemudian menyalurkannya ke saluran pernafasan bagian belakang tenggorokan. Dengan demikian, kotoran tidak terhisap oleh paru-paru.

Bagian Hidung


Cara kerja indra Pencium

Bau biasanya dihasilkan dari bahan atau reaksi kimia yang terjadi pada suatu benda yang menguap masuk ke udara. Uap atau gas bersama udara tercium jika ia sampai ke hidung kita. Didalam rongga hidung terdapat saraf-saraf penciuman yang menerima rangsang bau tersebut. Selanjutnbaya rangsang itu teruskan kepusat saraf penciuman di otak. Otak menyadari bahwa yang tercium oleh hidung kita adalah bau. Lalu otak yang membedakan apakah bau itu busuk,wangi, asam, atau menyengat. Otak juga menafsirkan bau busuk itu dari bangkai atau tinja misalnya. Bau wangi dari parfum dan sebagainya.

Kelainan dan Penyakit pada hidung

Hidung sebagai alat penciuman tidak mampu bekerja dengan baik disebabkan oleh salah satu dari dua sebab berikut.
1. Adanya penyumbatan pada rongga hidung akibat penyakit tertentu.
2. Saraf indra pencium terganggu atau mengalami kerusakan.

Penyakit yang dapat mengganggu kerja indra pencium kita diantaranya adalah Selesma dan Sinusitis.
Selesma atau Influenza diakibatkan oleh sejenis virus dan penyakit ini menular. Gejala influenza diantaranya batuk, hidung berair, sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot. Batuk sering berdahak dan kemudian menyumbat saluran pernafasan bagian atas. Penyumbatan hidung inilah yang menyebabkan kerja hidung terganggu.
Sinusitis adalah peradangan rongga hidung bagian atas, Sinusitis terjadi akibat terganggu atau terhambatnya aliran udara ke dalam rongga hidung. penyebabnya antara lain karena ingus yang mengeras, obat-obat atau penyakit tertentu. Hambatan ini menyebabkan cairan hidung tidak dapat keluar hingga menumpuk, disini banyak bakteri atau kuman lainnya yang mengakibatkan peradangan. 

Cara merawat hidung

Kamu harus merawat hidung sebaik-baiknya diantaranya:
1. Pakailah alat pelindung (masker) jika berada ditempat berudara kotor/bau.
2. Bersihkan rongga hidungmu dengan bahan yang lunak.
3. Bersihkan rongga hidungmu secara teratur.
4. Hindarilah benturan pada hidung, karena batang hidung bertulang rawan.
5. Jika sakit influenza segeralah ke dokter.


0 komentar:

Posting Komentar