Home » » Mata

Mata

Mata
Mata adalah alat penglihatan atau alat untuk melihat. Mata digunakan untuk menangkap informasi yang tampak oleh mata, yaitu cahaya dan warna. Pada dasarnya indra penglihat terdiri dari reseptor yang sangat peka terhadap rangsang cahaya. Mata sebagai indra penglihat bekerja menurut prinsip-prinsip alat optik.

Mata bekerja dengan baik tergantung pada kerja kornea, lensa mata, retina, disamping saraf mata. didalam mata berkumpul reseptor (saraf penerima) untuk rangsang cahaya. Ketika sebuah benda memantulkan cahaya kepada mata, bayangan benda itu akan diterima oleh reseptor untuk disampaikan ke pusat saraf (otak). Dengan demikian, mata kemudian dapat melihat benda tersebut, tanpa adanya cahaya benda tidak dpat dilihat oleh mata.

Bagaimana kamu dapat melihat suatu benda? syaratnya, reseptor penglihat pada matamu melihat benda itu dengan jelas dan pusat sarafmu bekerja dengan baik.

Bagian mata


Berikut ini adalah bagian-bagian utama mata dan fungsi masing-masing. 

1. Kornea
   Kornea berupa benda bening atau tembus pandang. Kornea adalah bagian pertama mata yang menerima rangsang cahaya atau bayangan benda yang terlihat mata. Lengkung kornea normalnya simetris. Jika kornea tidak simetris atau suram, maka bayangan benda yang masuk kedalam mata tidak jelas. Akibatnya benda tidak jelas dalam penglihatan.

2. Iris dan Pupil
    Bagian ini mengatur banyak-sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam mata. Iris merupakan perpanjangan dari selaput pelangi (retina) yang membentuk lubang mata yang disebut pupil. 
Iris sangat peka terhadap cahaya. Jika terkena cahaya terang otot iris mengecilkan pupil. Sebaliknya, jika berada dalam cahaya redup otot iris melebarkan Pupil.

3. Lensa Mata
    Dibelakang iris dan pupil terdapat lensa mata. Lensa mata berbentuk cembung pada kedua sisinya atau bikonveks. Lensa mata memiliki kemampuan mencembung (menebal) dan mencekung (menipis). kemampuan ini disebut akomodasi.

4. Viterus
    Bagian ini berada dibelakang lensa mata dan berupa massa mirip jeli (agak kental). Ia berfungsi mempertahankan bola mata agar tetap bulat. seperti kornea, ia juga tembus pandang.

5. Bintik kuning (Retina)
    Dibagian inilah berkumpul reseptor-reseptor penglihat. Sel-sel didalam retina terdiri dari dua macam yaitu sel batang (rod) dan sel kerucut (konus atau cone).

6. Bintik Buta
  Bagian ini adalah tempat keluarnya serabut-serabut saraf dan pembuluh-pembuluh darah menuju ke otak. Dibagian ini tidak terdapat reseptor penglihat.

7. Saraf Mata
   Pusat saraf mata mengatur terjadinya "proses melihat" dan gerakan mata baik yang disadari maupun yang tidak.

8. Kelopak Mata
    Kelopak mata berfungsi untuk melidungi kornea dan bola mata dari gangguan luar seperti asap, debu, dan lain-lain.

9. Kelenjar Mata
    Berfungsi untuk membersihkan kornea mata dari debu atau asap.

10. Rambut Mata atau Alis
      Berfungsi untuk membantu menghalangi setiap benda yang akan masuk ke dalam mata. Karena itu, kelopak mata kemudian melakukan gerak refleks menutup.

    

0 komentar:

Posting Komentar